Tandatangani Kesepakatan Bersama, Barantin Dukung Program Perlindungan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

{"id":71,"name":"Humas","email":"[email protected]","email_verified_at":null,"role":"superadmin","created_at":"2024-02-23T02:15:41.000000Z","updated_at":"2024-02-23T03:48:14.000000Z","regional_id":null}

Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat M. Panggabean bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, menandatangani Kesepakatan Bersama terkait Sinergi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam rangka Perlindungan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. 


Sahat menyampaikan bahwa melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini, Badan Karantina Indonesia (Barantin) memberikan dukungan yang besar terhadap program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal tersebut di sampaikan saat menandatangani kesepakatan bersama pada acara Indonesia Aquaculture Business Forum, Senin (29/4). 


"Dari kesepakatan bersama, Barantin bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan saling mendukung dan menguatkan dalam menghadapi tantangan dan peluang sektor sumber daya kelautan dan perikanan," tutur Sahat. 


Tugas dan fungsi Barantin tidak dapat terlepas dari perlindungan sumber daya kelautan dan perikanan. Sahat menjelaskan bahwa peran Barantin dalam hal ini juga meliputi pelaksanaan pengawasan dan pengendalian Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK), pengawasan dan pengendalian jenis ikan dan hasil perikanan, juga pengawasan dan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan. 


"Pengawasan dan pengendalian ini, Barantin lakukan di border melalui pemeriksaan atau sertifikasi karantina. Semuanya diperiksa, mulai dari dokumen hingga fisik. Gunanya adalah agar kami dapat pastikan sumber daya kelautan dan perikanan sudah bebas HPIK saat masuk maupun keluar dari wilayah Indonesia," terang Sahat. 


Dengan adanya kesepakatan ini, diharapkan kedua lembaga dapat bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 


"Kesepakatan ini menjadi dasar bagi kami untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Diharapkan Barantin melalui kolaborasi ini dapat mendukung dalam menghadapi tantangan dan menyambut peluang di bidang kelautan dan perikanan pada khususnya," tutup Sahat.


Author : Humas